Lompat Jauh

Rabu, 27 Oktober 2010

Pengertian

Lompat jauh adalah sejenis acara olahraga di mana seseorang atlet mencoba mendarat sejauh yang boleh dari tempat yg dituju. Mereka yang bertanding akan berlari di laluan (pada tahap elit, biasanya mempunyai permukaan yang sama dengan trek larian) dan melompat sejauh yang boleh dengan memijak sepintas pada papan kayu ke bahagian yang diisi pasir atau tanah. Jarak minimum dari papan ke tanda yang dibuat oleh atlit pada pasir diukur. Jika seseorang itu memulakan lompatannya dengan mana-mana bahagian kakinya di depan atau melebihi papan (satu lapisan plastisin diletakkan dengan segera di depan papan untuk mengesan ketepatan ini), lompatannya diisytiharkan salah atau batal dan tiada jarak akan direkodkan.

Format sebenar pertandingan ini berbeza, tetapi secara amnya peserta akan mendapat beberapa kali cubaan untuk membuat lompatan dan hanya lompatan yang terpanjang akan dikira sebagai keputusan. Peserta dengan lompatan sah yang paling jauh pada akhir pertandingan akan dikira sebagai juara.

Kelajuan semasa berlari dan tinggi lonjakan merupakan kunci lompatan yang jauh. Oleh itu tidak hairanlah jika atlet lari pecut turut bertanding dan memenangi acara ini. Lompat jauh telah dijadikan sebagai sebahagian daripada Sukan Olimpik.Acara ini juga dicatat sebagai dua daripada rekod dunia yang paling lama berdiri dalam sebarang acara balapan dan padang. Pada 1935, Jesse Owens mencatatkan rekod dunia yang tidak dipecahkan sehingga 1960 oleh Ralph Boston.

Lompat jauh adalah salah satu daripada acara Olimpik pada Yunani Purba. Seseorang atlit akan memegang beban pada kedua-dua tangan yang dipanggil halteres. Beban ini akan dilayangkan ke hadapan seiring apabila atlet melompat untuk menambah momentum dan dibaling ke belakang apabila berada di udara untuk menolaknya ke hadapan. Paling dingati dalam acara purba adalah seorang lelaki dipanggil Chionis di mana pada Olimpik 656 SM mencatatkan lompatan sejauh 7 m 5 cm.


Prinsip-prinsio Asas

Tujuan utama dari lomap jauh adalah untuk mencapau jarak lompatan maksimum mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Jarak ini dapat dicapai dengan melakukan larian pantas serta lonjakan yang kuat dan tinggi. Selain itu, kelenturan badan serta daya koordinasi yang baik perlu untuk menghasilkan lompatan yang baik dan berkesan.

Larian yang pantas dan lonjakan yang kuat dapat mempengaruhi jangka masa lompat sewaktu berada di udara. Kedua-dua fase lompatam ini dapat megakkibatkan pelompat bergerka mengakibtakan pelompat bergerak mengikuti ketentuan lompatan yang dikehendaki. Gaya badan sewaktu melayang adah unutk mengimbagi badan serta membolehkan pelompat membuat persediaan unutk mendarat dengan baik.


Gaya

Macam-macam gaya yang digunakan pada lompat jauh:

a) Bergantung (the hang style)

b) Mengambang/jongkok (float sit down)

c) Berjalan di udara (stride in the air)


Ukuran Lapangan

1. Lebar lintasan 1,22 m

2. Panjang awalan 45 m

3. Panjang papan tolakan 1,22 m

4. Lebar papan tolakan 20 cm

5. Tebal papan tolakan 10 cm

6. Lebar tempat pendaratan 2,75 m

7. Jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan min 10 m


Peraturan

1. Bila jumlah peserta lebih dari delapan pelompat kemudian delapan pelompat diberikan 3 kali kesempatan melompat terbaik diberi kesempatan tambahan lagi. Kepada pelompat yang memiliki hasil itu diberikan kesempatan melompat 3 kali lagi. Bila jumlah peserta pelompat jauh ini hanya 8 orang atau kurang. Setipq peserta diberi kesempatan melompat 6 kali.

2. Seorang pelompat dianggap gagal apabila:

Ø Menginjak tanah di belakang balok lompat dan kelanjutannya.

Ø Menyentuh tanah di samping bak lompat.

Ø Setelah melompat, kembali lewat bak lompat kea rah lawan.

Ø Dipanggil sudah 2 menit belum melompat.

Ø Pelompat yang gagal 3 kali,dicoret dari daftar perlombaan.

3. Semua lompatan harus diukur dari tempat bekas pendaratan di bak lompat ke balok tumpuan yang dekat dengan bak lompatan


Cara Menetukan Juara

1. Juaranya adalah yang dalam 6 kali melompat mencapai hasil terbaik.

2. Jika ada 2 hasil terbaik yang sama,maka dicarilah hasil di bawah terbaik (hasil kedua).

3. Jika masih sama, dicarilah hasil ketiga, keempat, kelima, dan keenam.

4. Jika keenam hasil itu sama, maka penyelesaiannya:

a) Kalau keduanya nomor 1, keduanya harus diadu lomba lagi sampai ada yang menang.

b) Kalau keduanya nomor 2, mereka menjadi nomor 2 semua.

c) Kalau keduanya nomor 3, nomor 3 ada 2 orang.

2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KellyWoodLoanFirmLtd
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

  1. cici mengatakan...:

    Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Posting Komentar